Halo gan , 😀
Menyambung artikel saya sebelumnya tentang gambaran gampang mesin DOHC , untuk membaca (klik disini) ,sekarang saya akan coba membandingkan antara DOHC honda CB150R dengan Suzuki Satria FU. Mengingat keduanya mengusung mesin DOHC dan berkapasitas 150cc.
Sebelum berlanjut , kita simak spesifikasi dari dua motor tersebut.OK cekidot gan…
Spesifikasi Suzuki Satria FU 2014
Mesin :
Jenis : 4-Tak, DOHC, Berpendingan Udara + Oil Cooler , SACS, 4-Katup
Jumlah Silinder : 1 (satu)
Diameter Silinder : 62 mm
Langkah Piston : 48.8 mm
Kapasitas Silinder : 147.3 cc
Perbandingan Kompresi : 10.2 : 1
Daya Maksimum : 16 Ps/9.500 rpm
Torsi Maksimum : 1.27 Kg.m . 8.500 rpm
Karburator : MIKUNI BS 26 – 187
Saringan Udara : Jenis Kertas
Sistem Starter : Elektrik dan Kaki
Sistem Pelumasan : Perendaman Oli
Dimensi :
Panjang Keseluruhan :1.945 mm
Lebar Keseluruhan : 652 mm
Tinggi Keseluruhan : 941 mm
Jarak Antara As Roda : 1.280 mm
Jarak Mesin ke Tanah : 95 mm
Berat Kendaraan : 95 kg
Tinggi Tempat Duduk : 764 mm
Transmisi :
Kopling : Manual plat majemuk tipe basah
Transmisi : 6 Percepatan
Arah Perpindahan Gigi :1 Ke bawah, 5 Ke atas
Rantai Penggerak : DID 428 DS, 122 mata
Rangka :
Suspensi Depan : Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
Suspensi Belakang : Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
Sudut Kemudi : 45° (Kanan dan Kiri)
Radius Putar : 2m
Rem DepanRem Belakang : Cakram/Cakram
Ukuran Ban Depan : 70/90-17 38S
Ukuran Ban Belakang : 80/90-17 44S
Sistem Kelistrikan :
Sistem Pengapian : CDI
Busi : NGK CR8E/ DENSO U24ESR-N
Accu : 12 V (2,5 Ah)/10 HR
Kapasitas :
Tangki Bahan Bakar : 4,9 L
Dengan penggantian saringan oli : 1.100 ml
Tangki Oli Mesin : 1000 ml
dibandingkan dengan Honda CB150R
Spesifikasi Honda CB150R
DIMENSI HONDA CB150R | |
Panjang x Lebar x Tinggi | : 2.008 x 719 x 1.061 mm |
Jarak Antara Sumbu Roda | : 1.288 mm |
Jarak Dengan Tanah | : 148 mm |
Tinggu Tempat Duduk | : 790 mm |
Berat | : 129 Kg |
Radius Putar Min | : 1.980 mm |
Kapasitas Bahan Bakar | : 12 Liter |
SPESIFIKASI MESIN | |
Mesin Tipe | : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal |
Volume Langkah | : 149,48 cm3 |
Cooling System | : Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektris Otomatis |
Sistem Bahan Bakar | : Injeksi (PGM-FI / Programmed Fuel Injection) |
Diameter x Langkah | : 63,5 x 47,2 mm |
Transmisi | : 6 Kecepatan |
Pola Gigi | : 1-N-2-3-4-5-6 |
Kompresi Perbandingan | : 11 : 1 |
Maksimum daya | : 12,5 kW (17,0 PS) / 10.000 rpm |
Maksimum Torsi | : 13,1 Nm (1,34 kgf.m) / 8.000 rpm |
Starter | : Pedal & Elektrik |
Kopling | : Manual, Wet Multiplate with Coil Springs |
Kapasitas Oli Mesin | : 1 Liter pada Penggantian Periodik |
SPESIFIKASI RANGKA | |
Jenis Rangka | : Diamond Steel (Truss Frame / Trellis Type) |
Ban Depan | : 80/90 – 17 M/C 44P (Tubeless) |
Ban Belakang | : 100/80 – 17 M/C 52P (Tubeless) |
Rem Depan | : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda |
Rem Belakang | : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal |
Suspensi Depan | : Teleskopik |
Suspensi Belakang | : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Prol-Link) |
SPESIFIKASI LISTRIK | |
Baterai Type | : MF 12 V – 5,0 Ah |
Pengapian Type | : Full Transistorized |
Busi Type | : NGK CPR9EA-9 atau ND U27EPR9 |
Nah , yang dapat saya dapat ambil kesimpulan dari data di atas ( ini data hlo yang bicara 😀 ), perbedaan yang paling terlihat adalah antara lain :
1.Dari jenis dan bentuk kendaraan dulu , karena hal ini sangat berpengaruh tentunya , CB150R sport sedangkan satria bebek super.
2.Cb150r sudah ber PGMFI alias injeksi , sedangkan Satria masih ber-karburator.Disini sudah terlihat garis besar pemasukan bahan bakar kedalam ruang udara , Injeksi memang cenderung lebih efisien.Kalau yang suka oprek oprek karburator tipe karburator sangat cocok.
3.Sistem pendingin CB150R menggunakan radiator cairan coolant dengan kipas electric, sedangkan satria berpendingin udara + Oil Cooler ( pendingin oli ).
sekian itu yang dapat simpulkan , monggo agan agan kalau kalau ada yang mau menambahi diisi kolom komentarnya.Semoga bermafaat 😀
Wew
prikitiw 😀
Oil cooler sepertinya lebih baikkah?
belum tentu , karna oil cooler masi pke bantuan udara gan , baru optimal saat motor jalan ,, imhosi 😀
Sip
I do not even know how I finished up here, but I believed this submit used to be good.
I don’t know who you are but certainly you are going to a well-known blogger if you aren’t already.
Cheers!
Hello there! I could have sworn I’ve been to your blog before but after going through many of the articles I realized it’s new to
me. Nonetheless, I’m definitely delighted I discovered it and I’ll be bookmarking it and
checking back often!
I was suggested this website by my cousin. I’m not sure whether
this post is written by him as no one else know such detailed about my problem.
You are wonderful! Thanks!
Hi, everythinng is goinng sound here and ofcourse eveery one is sharing facts,
that’s in fact good, keep uup writing.
If you want a smaller but higher quality picture
then a Plasma TV would be a good option as these can be purchased at sizes up to 65 inches, and therefore
still providing you with a big screen viewing experience.
The last thing you would want is to have your viewing dominated by an overlay large
screen. Hence, the people are well educated and highly concerned about the development
of the region and keenly look forward to make their lives always easy.