Knalpot motor 4 tak anda berasap atau ngebul? bisa jadi ini penyebabnya

19 07 2014

rig piston , motor 4 tak ,ring piston bocor

Halo agan agan yang baik hatinya pengunjung setia febrianportal.com 😀

Kali ini saya mau sharing artikel analisa saya sendiri ( hee 😀 ) , tentang kepana knalpot motor 4 tak yang bersasap atau ngebul . Langsugn saja kita mulai , Secara teknis seharusnya motor bermesin 4 tak atau 4 stroke atau juga 4 langkah tidaklah ngebul atau ada asap yang keluar dari knlapot.Karena yang terbakar diruang bakar adalah sepenuhnya bahan bahar dan udara yang sudah dimix oleh karburator atau sistem injeksi.Namun beberapa kejadian menunjukan motor 4 tak ada saja yang ngebul.Berbeda dengan motor 2 tak yang memang dalam pembakaranya mengikut sertakan oli samping.Nah dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa potensi terbesar asap yang keluar dari knalpot itu bersal dari pembakan oli.

Nah yang jadi masalahnya adalah motor 4 tak itu yang dibakar adalah bensin dan udara saja , ko berasap ? berarti ada oli ayng ikut nimbrung terbakar di ruang bakar.Sebelum berlanjut , silakan di baca ulang kalimat kalimat diatas yang menjadi asal muasal knlapot mesin 4 tak bersal dulu.kalau sudah mengaerti mari kita berlanjut.

Nah , dari manakah oli itu bisa masuk keruang bakar ? potensi terbesarya adalah melalui celah celah kecil dinding silinder.Namun tentu saja pabrikan motor sudah mengantisi pasi hal ini dengan menggunakan yang namnya ring oli atau oli ring yang menempel di riston.Perlu diketahui umunya  di piston melekat 3 ring . yaitu 2 ring kompresi dan satu ring oli.untuk ring oli adalah ring ketiga bisa dilihat pada gambar.

mengenai manfaat dari ring kompresi mungkin akan saya bahas pada artikel berikutnya.kembali ke ring oli pada piston.nah ring inilah yang bertugas agar dinding silinder tetap terlumasi oleh oli namun tidak sampai ikut terbakar di ruang bakar.Jadi kalau sampai ada asap yang keluar dari dari kanlpot motor 4 tak , kemungkinan potensi penyebabnya adalah adanya oli yang ikut terbakar karena kebocoran dari ring oli ini.Nah setelah ketemu penyebabnya maka berlanjut ke efek dari hal tersbut , jelas oli mesin jadi lebih boros itu yang pertama.yang kedua otomatis pembakaran terganggu bisa jadi permforma mesin turun itu yang kedua.

memang hal ini umumnya terjadi pada motor motor yang sudah berumur alias tua , namun tidak kemungkinan juga terjadi pada moor motor baru , terutama pada motor motor yang dioprek ruang bakarnya seperti over size .Solusinya tentu adalah dengan pengantian ring , mengenai biaya yang dibutuhkan saya kurang paham hee

Sekian dulu dari saya tentang knalpot motor 4 tak yang bersasap atau ngebul , silakan kalau kalau agan agan ingin mengoreksi atau menambahi diisi ya kalom komentarnya

semoga bermanfaat 😀

Advertisements

Actions

Information

2 responses

19 07 2014
aripitstop

jos

19 07 2014
majorfebrian

buka sitik :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: