Pengalaman motor mogok kena banjir (tips)

6 12 2013
motor mogok akibat banjir

motor mogok akibat banjir

Semangat pagi berbagi gan..

Saya  mau sharing cerita pengalam pribadi saat motor bebek saya mogok akibat nekat nerobos banjir.Waktu itu niatan saya mau pergi ke kawasan ancol jakarta utara via tanjung priuk.Pas nyampe pertengahan jalan setelah melewati terminal tanjung priuk(saya lupa nama jalanya ) mendadak ruas jalan dipenuhi genangan air , kira kira tingginya nyentuh porstep belakang motor bebek saya waktu itu.Karena jalan yang saya tau cuman ini yaudah lah bismilah aja nekat :D. Oper gigi paling rendah terus tarik gas gede biar ga mati. ngeng ngeng… panjang juga ini banjir sekitar dua ratus meteran.awalnya semua aman terkendali , pokoknya saya ga nurunin gas sedikitpun , barulah setelah genangan air terlewati gas saya turunin diki,t biar motor ga gereng gereng mulu akibat gas gede tapi gigi rendah.

ealah ko malah jadi ngelos dan batuk baruk mesinnya , saya coba puter puter hendle gas dan ahirnya mati dengan sempurna 😦 .langsung reflek mencet mencet starter , tapi mesin tetep ga mau nyala juga. “Aduh mogok ini” dalam hati.Saya mencoba untuk tetap tenang sambil minggirin motor dulu.karena banyak kendaraan lain dibelakang.Sampai di pinggir langsung digenjot berulang ulang itu kick starter, soalnya tahu sendiri kalo keseringan pake elektrik starter kasian accu-nya. 5 menit saya genjot , masih nihil  sampe 10 menit juga masih nihil . aduh lemes 😦

Terus saya coba istirahat sambil berfikir.Oia coba ah saya lepas kabel businya , ada sedikit tetesan air di dalam kabel saya tiup tiup dan ujung busi saya lap dikit dikit(posisi busi masih nempel).dan bismilah saya pasang kembali kabel businya. Alhamdulialh mesin mau nyala gan.

Langsung aja deh saya geber geber dulu bentar. Dan hasilnya tidak batuk batuk lagi ini motor.Dan perjalananpun berlanjut,, 😀

itulah pengalamn saya pas motor mogok akibat banjir, kesimpulnya kalau ndelalah ketemu banjir yang lumayan panjang jaraknya siapain ancang ancang oper gigi rendah kalau motornya bergigi terus puter gas gede.Tapi jangan nambrak banjir dengan kecepatan tinggi ya gan bahaya.usahakan tetap gede gasnya biar motor ga melepek , kalau terpaksa melepek coba lakukan seperti pengalaman saya tadi. Mungkin masalahnya ga jauh jauh dari busi.tapi pastiin juga kalau banjirnya masih terjangkau ya..hehe

Semoga bermanfaat 😀

Actions

Information

One response

6 12 2013
Jangan nabrak banjir dengan kecepatan tinggi, bahaya ! | Febrian Portal

[…] air , tidak terlalu panjang sekitar 30 meteran.Seperti yang saya tulis di artikel sebelumnya saat saya mau nerjang banjir dan sempat mogok, saya ambil persiapan begi masuk zona banjir gas saya puter gede dan ngeng ngeng… pelan tapi […]

Leave a Reply

