Mencoba Komparasi Pertamax & Premium pada Matic Berkompresi 10.7 : 1 ( Honda Vario )

28 09 2012

Assalamualaikum wr wb
Salam Sharing agan agan semua….
Kali ini saya mau sharing pengalaman pribadi saya saat mencoba membandingkan performa motor matic saya yang berkompresi 10.7 : 1 dengan bahan komparasi premium dan pertamax.
banyak sumber yang mengatakan bahwa motor dengan perbandingan kompresi mesin 10.7 :1 sudah dianjurkan menngunakan bahan bakar dengan oktan 92 yaitu pertamax atau shell super.sedikit info yang saya tahu, dikarenakan tekanan kompresi mesin yang sudah tinggi ini bisa mengakibatkan bahan bakar bisa terbakar lebih awal sebelum proses pembakaran sebenarnya terjadi , alhasil tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan berkurang , biasanya diiringi dengan suara ngilitik pada mesin (knocking).Suhu mesin juga lebih tinggi dari pada mesin berasio kompresi di bawahnya.Inilah yang menjadiakan motor motor dengan perbandingkan kompresi tinggi dilengkapi dengan radiator pendingin.

Langsung saja saya sampaikan hasil percobaan saya. sebelumnya saya gunakan premium setelah habis terpakai baru saya isi pertamax. saat saya gunakan pertamax terasa gasnya lebih enteng, aselerasi kecepatan juga lebih galak , getaran mesin berkurang dibandingkan saat pakai premium. jadi saat kecepatan tinggi motor jadi lebih anteng dan stabil . Namun tetap saja top speed yang saya dapatkan tidak berubah meski sudah puntir gas mentok agak lama.Dan perbedaan paling mendasar adalah pada harga gan( heloh :mrgreen:) hehehe . karena harga prtamax hampir 2x lipat premium. tapi maaf untuk jarak tempuh per liternya baik pertamax atau premium belum dapat angka yang valid karena keburu nyampe tujuan.Mungkin untuk lain waktu saya akan coba menemukan angka tempuh untuk setiap premium dan pertamax agar ketahuan juga efisiensinya.
itu sedikit dari saya semoga bermanfaat. 🙂

Actions

Information

Leave a Reply

