Motor 4tak Minum Bensin Campur??? (Tips)

28 05 2012


Motor 4 tak minum bensin campur???
ya pengalaman ini saya alami ketika saya dan bebrapa teman coba coba untuk touring motor dari Kaliwungu ke Boja.
yang jadi korban kala itu adalah hodna megapro ( kalau ga salah produksi 2006/2007 ).
awal kejadian adalah ketika motor teman saya (korban) bensinya habis dan bermaksud untuk mampir ke SPBU.Namun apadaya kala itu SPBU yang ada ditengah rute touring antrianya begitu panjang….
“yah daripada ngantri lama mending tar beli bensin eceran aja di pinggir jalan” ujar korban.
ya sudah saya dan rombongan bergegas melanjutkan perjalanan sambil nengok kanan kiri kalau ada warung bensin eceran. ahirnya ketemu juga teman saya langsung mampir dan segera mengisi tangkinya tanpa mengetahui persis bensin yang jenis apa yang dibelinya. (kala itu penjualnya seorang nenek).
dan perjalanan pun dilanjutkan.
nah kecurigaan saya muncul tak lama kemudian ketika knalpot motor korban ko berasap ya padahal kan motor 4 tak. dan tiba tiba motor itu batuk batuk .. nah hlo kenapa ni ???
dan mogok juga :mrgreen:
nah di sinilah kami mulai bingung ga ketulungan (waktu itu saya kelas 2 SMK belum pernah kejadian motor mogok ditengah jalan)
bensin baru aja diisi ko malah mogok padahal tadinya sehat sehat aja,
biasa identifikasi awal lari ke busi segera dicopot dan dibersihkan , namun setelah dipasang tidak ada perubahan.
hmmm
ahirnya saya coba tap bensinya mungkin mampet pikir saya.
namun saat dibuka bensinya tetep ngucur kebawah pertanda ga mampet.
tapi ko pas nyentuh tangan saya ga berasa dingin???
dan warnaya kebiruan???
jangan jangan ini bensin campur(oli) ???
yah kayaknya si nenek tadi salah ngisiin bensin , ketuker sama yang campur ujar salah satu teman saya .
ahirnya proses petolongan dilakukan dengan mengetap semua bensin yang ada ditangki dan diisi dengan yang murni ( nyedot dikit dari motor lain). setelah semuanya terpasang motor tetep ga mau nyala? nah hlu kenalpa jadi makin bingung :mrgreen:
kala itu saya coba kluarin businya dan bersihin pakai bensin murni (niatya agar efek olli yang nempel di usi hilang).
setelah busi dibersihin kaburator kembali di tap ulang dan di isi dengan bensin murni baru.
lalu motor yang mogok tadi di start ( pake starter kaki ) berkali kali agar uap sisa bensin campurnya keluar namun busi jangan dipacang dulu.setelah sekitar 5menit distater manual (capeknya , untung gantian operaotrnya :mrgreen:) busipun dipasang dan jrennggggg motor mau nyala namun masi brebet.setelah di gas gas terus asapnya masi kluar namun kelamaan hilang juga dan touringpun dilanjutkan 😀

kesimpulan
jika bosist mengalami kejadian yang sama jangan panik lakukan langkah langkah berikut ini:
1. Lepas busi dan bersihkan dengan bensin murni , lebih baik lagi sembari di apmlas ujungnya
2. Tap semua bensin campur yang masuk , termasuk di tangki dan karburator.
3. Isi ulang tangki dengan bensin murni namun jangan terlalu banyak karna ini hanya untuk membilas, lalu tap lagi
4.barulah isi dengan bensin murni
5. Starter manual (agar aki tidak cepet habis ) motor anda untuk membuang sisa sisa gas bensin campur yang ada di silinder.
6. Pasang kembali busi.
7. Coba stater ulang semoga nyala dan segera panasin mesin untuk mempercepat penguapan oli yang masih tersisa

semoga bermanfaat 😀

Actions

Information

Leave a Reply

